1. Terowongan Laerdal
Latar Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase
konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan
Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang
dibangun dengan waktu terlama di dunia. Mengapa Unik : Berkendara
melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat monoton, sehingga tim
psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana mempertahankan konsentrasi
pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di dalam terowongan sangat
penting ... hal itu membuat perbedaan antara orang-orang menerima
fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu," kata Youssef Hashash,
profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University of Illinois,
yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda. "Mengingat
panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang dirancang
dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik." Beberapa solusi yang
digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru terang dan
tikungan tikungan halus yang terus membuat driver konsentrasi. Paling
penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi menjadi beberapa
bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi dan menciptakan
kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa terowongan yang lebih
kecil.
2. Terowongan Channel
Latar Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel,
truktur raksasa ini menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada
tahun 1994, terowongan 31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20
miliar. Mengapa Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat
Inggris adalah sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu.
"Ada usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi
mereka berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata
Hashash. setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat
jika kedua negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini.
Karena panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil
untuk jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di
dalam terowongan.
3. Terowongan Zion-Mount Carmel
Latar Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
Mengapa Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan
sebagai sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda
meninggalkan Sion menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi
melalui terowongan yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu
karang dan pemandangan cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun
menembus batu pasir, yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat
struktur beberapa kali selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan
sistem pemantauan 24 jam.
4. Terowongan Smuggling
Latar Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan
penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan
penyelundupan telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan
Meksiko. Mengapa Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika
Serikat dan Meksiko menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang
mengarah ke AS, meskipun tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi
dengan pencahayaan, sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift.
Sebuah pernyataan dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun selama dua tahun.
5. Marmaray Tunnel
Background: Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun
2004, tetapi penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan
rintangan lainnya telah menunda penyelesaiannya. Mengapa Unik :
Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang menggabung
dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus untuk
menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan Marmaray
merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan kedalaman
maksimum 180 meter.
6. Thames Tunnel
Latar Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak
mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat
dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah
tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa. Mengapa Unik : "Ini adalah
terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama kalinya konsep
perisai tunneling digunakan," Hashash menceritakan. "Ini adalah tonggak
utama." Perisai tunneling adalah suatu alat yang dikembangkan oleh Sir
Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai dukungan sementara struktur,
konstruksi yang memungkinkan kru untuk aman, dan datar, menginstal
sistem dukungan permanen di bawah air. Membangun Terowongan Thames itu
seperti hal yang baru pada awal abad ke-19 bahwa pengunjung akan
membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi konstruksi, dan bahkan Brunel
konser dan jamuan makan di dalam struktur yang belum selesai. Ketika
terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar
kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia konstruksi.
7. Seikan Tunnel
Latar Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau
Honshu dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
Mengapa Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan
Tunnel adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang
33,5 mil membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian
kawasan geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para
insinyur dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk
menghancurkan dan menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.
0 komentar :
Posting Komentar