Mengenal Blog dengan Sejarah Blog | Blog itu apa sih ?

 Blog itu apa sih ?  secara definisi Blog adalah kependekan dari weblog , istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu update s

ecara continue dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka.
Kemudian apakah perbedaan antara blog dengan website ? dari segi fungsi, blog dan website hampir sama yakni media informasi online. Yang membedakan adalah blog sifatnya lebih personal dan interaktif.

Tak diketahui secara pasti kapan blog pertama kali muncul. Cikal-bakal kemunculan blog diperkirakan tahun 1994. Semenjak tahun itu, pada tahun 1998 jumlah blog diseluruh dunia belum seberapa. Media blog pertama kali dipopulerkan oleh platfom blogger.com yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu banyak terdaoat aplikasi-aplikasi yang bersifat open source yang diperuntukan kepada perkembangan para blogger tersebut.

Roger Yim, seorang kolumnis San Fransisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan bahwa sebuah blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar link di internet. Sedangkan Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah online salon pada bulan Mei 1999 menyimpulkan bahwa blog berada pada batasan website yang lebih bernyawa dari pada sekedar kumpulan link, tapi kurang instropektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet.

Blog kemudian juga menjadi diary online yang berada di internet. Satu-satuya hal yang membedakan blog dari diary atau jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa blog dibuat untuk dibaca orang lain. Tidak heran jika para blogger dengan sengaja mendesain blog dan isinnya untuk dinikmati orang lain.

Sedangkan untuk Indonesia, konon blog dikenal  tahun 2002 dan berkembang pesat sejak tahun 2007. Bahkan, ditahun itu tepatnya tanggal 27 Oktober 2007 digelar even Pesta Blogger. Momen tersebut secara resmi dinyatakan sebagai Hari Blogger Nasional oleh Bapak Muhammad Nuh selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Kini jumlah blogger di Indonesia diperkirakan sudah lebih dari 200 ribu. Sekarang blog sangat diminati oleh berbagai kalangan. 

Sedikit pengenalan Blog buat kalian, semoga dapat berguna. Bila ada salah kata saya mohon maaf.
Share on Google Plus

About Unknown

Bagus Satria, pribadi yang pendiam namun cerian hobi menulis dan membaca artikel kalian bisa kenalan atau sekedar memberikan refrensi artikel.. Contact Person PINBB 7EAD4C15 W.A +6285778823850 LINE.ID suckwithuall
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar