Cara Mereset Ulang Handphone Android

Bagi para pengguna ponsel Android, tentunya tidak bisa lepas dari masalah ponsel Android yang bermacam-macam. Beberapa di antara masalah ponsel Android yang sering terjadi adalah ponsel hang, kinerja berat atau lemot, ponsel mati sendiri, atau masalah-masalah lainnya. Jika Anda menemui masalah tersebut pada ponsel Android milik Anda, maka Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan melakukan reset ponsel Android Anda.

Cara Melakukan Reset Pada Ponsel Android

Melakukan reset pada ponsel Android bisa dilakukan dengan tiga cara :
Cara pertama adalah dengan melakukan factory reset. Sesuai namanya, melakukan factory reset akan mengembalikan pengaturan ponsel Anda ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik, sehingga masalah yang ada pada ponsel Android Anda bisa teratasi. Factory reset merupakan cara yang paling mudah dilakukan untuk mengatasi masalah ponsel Android. Factory reset pada tiap ponsel memiliki cara yang berbeda-beda, namun secara keseluruhan, Anda bisa menemukan pilihan factory reset ini pada menu settings, pilih privacy, lalu pilih factory data reset. Dengan melakukan factory reset, maka semua file yang ada pada memori internal Anda akan terhapus, kecuali sistem dan aplikasi bawaan. Anda juga bisa menghapus data-data yang ada pada microSD Anda dengan cara mencentang format microSD Anda. Perlu juga diingat, untuk melakukan factory reset, pastikan kalau baterai ponsel Android Anda masih tersisa 50% atau lebih.

Cara yang kedua adalah dengan melakukan soft reset. Cara ini minim resiko, dan mirip dengan factory reset yang sudah dijelaskan di atas, hanya saja untuk melakukan soft reset ini Anda hanya perlu memasukkan kode saja. Untuk melakukan soft reset, Anda tinggal menekan kode *#*#7780#*#* pada ponsel Anda. Setelah melakukan soft reset, maka aplikasi, data pengaturan dan sistem akan terhapus. Untungnya aplikasi dan sistem bawaan tidak ikut terhapus. Selain itu data pada microSD juga tidak akan terhapus. Jika Anda belum yakin saat akan melakukan soft reset, Anda bisa membatalkan reset setelah Anda menekan kode di atas.

Cara yang ketiga dan terakhir adalah hard reset. Cara hard reset ini sama dengan soft reset karena menggunakan kode, hanya saja cara ini lebih ekstrim karena semua data yang ada pada ponsel ini akan terhapus karena hard reset ini juga menginstall ulang firmware bawaan ponsel Android Anda. Hard reset ini juga tidak kenal ampun, karena begitu Anda memasukkan kode untuk mengaktifkan hard reset ini, maka anda tidak bisa membatalkannya. Jadi resiko Anda sendiri yang menanggungnya. Untuk melakukan hard reset, Anda bisa memasukkan kode *2767*3855# pada ponsel Android Anda.

Semoga dengan melakukan salah satu dari ketiga metode di atas, ponsel Android Anda dapat bekerja normal kembali seperti semula dan tidak mengalami masalah lagi. Namun tetap segala resiko Anda sendiri yang menanggungnya.
Share on Google Plus

About bagussatriaid

Bagus Satria, pribadi yang pendiam namun cerian hobi menulis dan membaca artikel kalian bisa kenalan atau sekedar memberikan refrensi artikel.. Contact Person PINBB 7EAD4C15 W.A +6285778823850 LINE.ID suckwithuall
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar