Baru 6 detik menggudara roket NASA meledak

Untuk mengembangkan penelitian di stasiun luar angkasa ISS, NASA menerbangkan sebuah roket kemarin (28/10). Sayangnya, roket berharga puluhan miliar itu meledak hanya beberapa saat setelah lepas landas.
 
Roket Antares yang sedianya membawa logistik dan perlengkapan penelitian untuk ISS meledak hebat setelah lepas landas dari pulau Wallops, Amerika, pukul 18.22 waktu setempat. Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, NASA mengalami kerugian yang tidak sedikit, termasuk tertundanya beberapa misi ISS.

Bagaimana tidak, roket buatan perusahaan swasta, Orbital, itu membawa kargo seberat 2,3 ton berupa makanan serta beberapa eksperimen yang dibuat spesial oleh anak-anak sekolah. Selain itu, terdapat alat-alat rahasia untuk tim 'Expedition 41' yang saat ini ada di ISS.

Pihak Orbital pun mengaku belum mengetahui penyebab pasti mengapa roket Antares bisa meledak hanya 6 detik setelah lepas landas. Sebab, teknisi dan ilmuwan mereka tidak menemukan tanda-tanda kerusakan atau keanehan lain sebelum roket tersebut mengudara.

"Sesuatu yang salah telah terjadi, dan kami akan menemukannya. Kami tidak mendapatkan indikasi jika roket tersebut akan meledak. Kemungkinan kesalahan terjadi pada 20 menit pertama," ungkap Frank Culberston, perwakilan dari Orbital, Daily Mail (28/10).\
 
Setelah roket Antares meledak, pihak Orbital segera mengaktifkan fungsi penghancuran diri sendiri roket tersebut. Sehingga sebelum jatuh ke tanah, roket tanpa awak itu sudah hancur berkeping-keping. Hal ini ditujukan untuk menghindari jatuhnya korban jiwa jika roket seharga Rp 24 miliar itu jatuh di daerah pemukiman.

Roket Antares yang masuk dalam misi 'Orb-3' sejatinya bukan misi pertama dari Orbital untuk NASA, melainkan misi ketiga mereka. Misi 'demonstrasi' Orbital pertama pada tahun 2013 sukses dilakukan, demikian halnya dengan dua misi resmi dari NASA yang berhasil mengirimkan kargo ke ISS.

Menariknya, roket Antares seharusnya lepas landas sejak hari Senin (27/10). Namun, akibat kemunculan sebuah perahu misterius di pantai sekitar landasan, pihak Orbital mengundur jadwalnya hingga Selasa kemarin. Mungkin saja bila Antares meluncur Senin lalu kecelakaan itu bisa dihindari.
Share on Google Plus

About bagussatriaid

Bagus Satria, pribadi yang pendiam namun cerian hobi menulis dan membaca artikel kalian bisa kenalan atau sekedar memberikan refrensi artikel.. Contact Person PINBB 7EAD4C15 W.A +6285778823850 LINE.ID suckwithuall
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar