Jupiter punya mata misterius

Planet terbesar di tata surya kita, Jupiter, punya cara tersendiri untuk menakut-nakuti manusia di bumi. Salah satunya dengan memamerkan mata seramnya.

Dikutip dari Daily Mail (28/10), teleskop luar angkasa NASA, Hubble, baru-baru ini menangkap gambar yang tidak biasa di permukaan planet Jupiter. Cukup seram memang, tetapi gambar tersebut memperlihatkan jika Jupiter mempunyai mata yang tengah melihat langsung ke arah teleskop Hubble.

 

Apakah itu foto hasil edit? Tentu saja bukan. Mata misterius raksasa itu ternyata terbentuk akibat bayangan dari salah satu satelit Jupiter yang kebetulan lewat dan nampak di permukaan planet gas itu. Uniknya, bayangan tersebut terletak tepat di atas bintik merah raksasa Jupiter saat NASA mengabadikannya.

Seperti yang kita tahu, bintik merah raksasa Jupiter sejatinya adalah sebuah badai raksasa berukuran 10.000 mil atau 16 ribu kilometer lebih. Badai ini sendiri sudah diamati oleh ilmuwan sejak 150 tahun silam.

Melihat foto unik itu, NASA lantas mengibaratkan Jupiter sebagai salah satu makhluk mitos Yunani bermata satu, Cyclops.

"Sekilas, Jupiter seakan-akan menatap balik ke arah teleskop Hubble, seperti sebuah raksasa bermata satu Cyclops," ungkap NASA.

NASA juga menyatakan bila mereka tidak sengaja mengabadikan gambar tersebut saat tengah melakukan penelitian terhadap bintik merah raksasa Jupiter. 

NASA memang tengah penasaran mengapa belakangan ini ukuran dari bintik itu semakin mengecil. Bintik merah Jupiter sebelumnya diketahui sering berubah-ubah ukurannya, tetapi tidak pernah sekecil saat ini.

Lalu, tepat pada tanggal 21 April 2014 lalu bayangan dari salah satu bulan Jupiter, Ganymede, muncul dengan tiba-tiba. Hal itu membuat Jupiter seolah-olah mempunyai mata.
Share on Google Plus

About bagussatriaid

Bagus Satria, pribadi yang pendiam namun cerian hobi menulis dan membaca artikel kalian bisa kenalan atau sekedar memberikan refrensi artikel.. Contact Person PINBB 7EAD4C15 W.A +6285778823850 LINE.ID suckwithuall
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar