Apakah 'alien' buta ini nenek moyang manusia?

 
Sekali lagi teori evolusi akan diuji kebenarannya. Setelah ditemukan sejak seabad lalu, fosil hewan laut ini masih diklaim sebagai nenek moyang jauh manusia, apakah benar?
 
Sekitar 100 tahun yang lalu, sebuah fosil hewan laut berhasil ditemukan. Fosil tersebut pada tahun 1997 oleh ilmuwan dinamakan sebagai spesies vetulicolian. Satu yang paling unik dari vetulicolian adalah keberadaan ekor yang mirip dengan tulang belakang yang menjadi organ pusat saraf manusia saat ini.

"Meskipun memiliki kekerabatan yang dekat dengan manusia di 'pohon' evolusi, kami dapat memastikan bila hewan-hewan air purba ini masuk dalam deretan nenek moyang manusia," jelas Dr Diego Garcia Bellido dari Universty of Adelaide, Daily Mail (16/10).
 
Hewan yang hidup sekitar 500 juta tahun yang lalu tersebut juga disebut dengan hewan 'alien' oleh peneliti dari universitas itu karena sampai sekarang belum bisa diklasifikasikan dalam kelompok hewan laut lain yang mirip dengannya.

"Vetulicolian adalah bukti bahwa kehidupan di era Cambridian sangat lah bervariasi, dengan banyak spesies yang memenuhi cabang pohon evolusi," ungkap Dr Garcia.

Fosil dari hewan pemakan plankton ini kini bisa ditemukan di berbagai tempat di dunia, tidak hanya Australia yang menjadi pusat penemuannya. Berbagai negara lain seperti Kanada, Greenland, China juga menjadi lokasi penemuan vetulicolian.

 

"Mereka (vetulicolian) adalah hewan yang sederhana tetapi sukses, terlihat dari jumlahnya yang besar dan tersebar di seluruh belahan dunia. Bahkan, hewan ini menjadi yang pertama mewakili kerabat jauh manusia," tambahnya.

Benar atau tidaknya klaim dari ilmuwan tersebut, masih harus terus dibuktikan dengan penelitian-penelitian lain. Apalagi ilmuwan sampai saat ini masih terus meneliti anatomi dari vetulicolian untuk mengungkap fakta-fakta lain terkait cara hidup hewan yang juga diketahui tidak mempunyai mata alias buta ini.

"Vetulicolian mempunyai ekor panjang yang disokong oleh deretan tulang keras. Tulang-tulang ini mirip dengan 'notochord' yang dianggap sebagai cikal bakal dari tulang belakang yang dimiliki oleh hewan vertebrata," lanjutnya.

Share on Google Plus

About bagussatriaid

Bagus Satria, pribadi yang pendiam namun cerian hobi menulis dan membaca artikel kalian bisa kenalan atau sekedar memberikan refrensi artikel.. Contact Person PINBB 7EAD4C15 W.A +6285778823850 LINE.ID suckwithuall
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar