Terlalu kontroversial? Google prediksi anak takkan butuh sekolah

 
Sekolah dan guru tidak bisa dilepaskan perannya dari kegiatan pendidikan sehari-hari. Tetapi hal tersebut sepertinya tidak akan bertahan lama.
 
Menurut wakil presiden dari Google di penelitian, Alfred Spector, aplikasi dan teknologi yang saat ini dianggap sebagai penghalang dalam belajar justru bisa menjadi 'guru' di masa depan, Daily Mail (24/10).

Lebih lanjut, Spector menyatakan bila dalam beberapa tahun ke depan anak-anak tidak harus pergi ke sekolah untuk mendapatkan pendidikan formal. 

Apabila hal ini terjadi, tentunya akan banyak guru yang akhirnya menjadi pengangguran.

Saat berbicara di acara World-Changing Ideas Summit di New York, Spector memberi contoh aplikasi Duoliongo yang saat ini sudah tersedia di pasaran. 

Aplikasi ini bisa mengajarkan bahasa lewat permainan yang lebih menyenangkan dan mudah diserap oleh anak-anak. Spector menyatakan bila kehadiran Duoliongo adalah salah satu tanda dimulainya pergantian pembelajaran berbasis teknologi.

Petinggi Google itu yakin bila 'guru' buatan tersebut nantinya lebih mampu meningkatkan kualitas pendidikan siswa ke level yang lebih tinggi.

"Apabila teknologi bisa menjadi guru, maka sangat mungkin pendidikan berkembang dengan sangat pesat," ujar Spector," Kami mempunyai aplikasi dengan tampilan menarik seperti video game yang nantinya bisa membuat orang bermain berjam-jam bersamanya, dan dalam waktu bersamaan mereka akan belajar."

Selain game, Spector berpendapat bila jejaring sosial pun akan punya andil besar dalam pendidikan anak. Aplikasi-aplikasi seperti Facebook, Twitter, atau Google Plus dapat dipakai untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa. Alhasil, dia berpendapat bila di masa depan murid-murid tidak akan membutuhkan sekolah lagi.

"Di masa lalu, Anda harus pergi ke sekolah untuk mendapatkan pendidikan formal. Tidak ada pilihan lain selain datang ke tempat terisolasi tersebut (sekolah) untuk mendapatkan pendidikan, tetapi sekarang kita tidak harus melakukan hal tersebut," imbuhnya.
Share on Google Plus

About bagussatriaid

Bagus Satria, pribadi yang pendiam namun cerian hobi menulis dan membaca artikel kalian bisa kenalan atau sekedar memberikan refrensi artikel.. Contact Person PINBB 7EAD4C15 W.A +6285778823850 LINE.ID suckwithuall
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar